Berhadapan dengan Monster

Kehidupan yang tenang tiba-tiba berubah saat negara api menyerang, muncul banyak Kaijuu di seluruh penjuru kota dan beberapa ada di desa-desa. Masyarakat kebingungan mengatasi permasalahan yang tengah terjadi di dalam kehidupan mereka. Tapi tidak untuk dirinya, dia adalah sosok gadis kecil pemberani. - Ilustrasi oleh Ghon disunting oleh Tim Baka

Di era dunia yang serba tidak pasti ini, hal-hal yang tidak terduga bisa kapan saja terjadi. Pasangan yang tiba-tiba marah, harga saham yang tiba-tiba meroket lalu anjlok, ataupun pulpen yang tiba-tiba lenyap sudah menjadi fenomena sehari-hari. Oleh karena itu kamu perlu senantiasa siap menghadapi apapun yang akan terjadi di depan nanti. Salah satunya adalah bilamana tiba-tiba muncul seekor monster.

Kemunculan seekor monster mungkin terdengar aneh dan kekanakan, tapi ingat bahwa sekarang ini semua hal bisa saja terjadi tanpa terduga. Jadi jangan kaget jika suatu hari nanti benar-benar muncul seekor monster di depan kamu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu bersiap diri terhadap kemunculan seekor monster.

Untuk membantu kamu mempersiapkan diri ketika berhadapan dengan kemunculan monster, di sini kami berikan beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika monster muncul.

1. Ajak bicaralah monster yang muncul itu

Percayalah, tak selamanya monster itu jahat. Kalau kamu coba cari pengertian kata monster di internet, akan disebutkan bahwa monster itu berarti makhluk yang bentuknya berbeda dari yang biasanya ada. Hanya saja dalam beberapa penggambaran, monster-monster ini didekatkan dengan perbuatan yang jahat. Padahal ga selamanya penggambaran itu benar.
Illustrasi Power Puff Girl (2016) - Ep. Bubbles the Blue

Kalau kamu ketemu monster yang begitu muncul langsung ngamuk dan ngehancurin kota, bisa jadi dia bukan jahat. Di salah satu episode power puff girls ketika si bubble lagi sedih, di sana dikasih tau bahwa monster trenggiling yang menyerang kota sebenarnya cuma lagi sedih aja. Ya bisa jadi memang monster yang kebetulan kamu temui itu juga sama, dia lagi sedih, galau atau juga patah hati.

Maka, hal pertama yang harus kamu lakukan ketika monster muncul adalah ngajak ngobrol monster itu. Kalau emang dia lagi sedih dan galau, maka ga perlu lagi penyerangan rudal dan laser berskala besar. Justru kamu bisa ngebantu dia untuk sedikit meredakan emosinya. Lebih bagus lagi kalau akhirnya kamu dan ia bisa menjadi teman curhat. Siapa tahu kamu dikenalin salah satu monster primadona olehnya kan boleh juga tuh.

2. Ajaklah ia untuk menjadi teman mu

Memiliki bentuk yang berbeda dari makhluk kebanyakan membuat monster sering dikucilkan dan dipandang negatif. Padahal ingat kata pepatah don’t judge the book by its cover. Meski punya bentuk yang menyeramkan, tapi bisa jadi seekor monster memiliki pribadi yang baik. Jika kamu bisa berteman dengan seekor anjing atau kucing yang memiliki taring, lalu apa bedanya dengan monster?

Berteman dengan monster bisa memberi mu banyak pelajaran. Kamu bisa belajar tentang perbedaan, berdamai dengan diri sendiri serta sudut pandang yang sebelumnya ga pernah terpikirkan. Dengan menjadi teman, kamu dan monster bisa saling memahami satu sama lain. Kamu juga bisa menjadi pelopor yang mengarah pada bersatunya kehidupan dunia mu dan monster.

Mengajak monster berteman mungkin akan sulit di awal. Tapi selama kamu tidak menyerah dan terus mencoba, sang monster pun akan mengerti perasaan dan ketulusan mu untuk berteman dengan nya. Maka poin nya adalah, meski awalnya kamu ditolak dan diabaikan, tapi teruslah berusaha dan berusaha. Seekor monster pun tak akan bisa mengabaikan kegigihan manusia yang terus memperjuangkannya.

3. Jadilah pahlawan

Jika memang monster yang kamu temui itu jahat, dia ga mau diajak ngobrol dan kompromi apalagi diajak berteman, maka hal yang kamu harus lakukan adalah jadi pahlawan. Jangan pernah berpasrah diri lalu membiarkan dirimu dimakan olehnya. Karena selain kamu ga bisa mainin game kesayanganmu lagi, di dalam perut monster itu gelap, percaya deh!

Dengan jadi pahlawan, kamu bisa nyelamatin dirimu, keluargamu, teman mu juga orang-orang yang sebenarnya ga kamu kenal. Kalau kamu bingung gimana caranya jadi pahlawan, kamu bisa coba baca panduan menjadi pahlawan di sini. Panduan nya emang belum lengkap, tapi setidaknya bisa kamu coba dulu panduan yang sudah dibuat itu.

Menjadi pahlawan, akan buat kamu bisa melawan monster yang jahat tersebut. Kamu bisa membuat dia kapok dan enggan untuk nyerang kota mu lagi. Tapi bisa jadi, dia malah minta bantuan teman-teman nya buat nyerbu kota kamu. Jadi kamu harus siap-siap jika nanti kamu perlu jadi pahlawan lagi. Memang, menjadi pahlawan itu menuntut keseriusan.

Maka dengan ini kamu sudah bisa bersiap diri jika tiba-tiba monster muncul. Jika pun tidak muncul-muncul, kamu bisa pakai cara ini untuk hal-hal yang kamu anggap monster. Misalnya pikiran negatif yang tiba-tiba muncul, orang yang sok jagoan lalu membully seisi kelas ataupun hal ngeselin lainnya. Ingatlah bahwa tak semua monster itu jahat. Justru kamu bisa berteman dengannya dan membawa kebaikan pada dirimu, si monster juga lingkungan mu. Kamu pun harus selalu siap jika memang kamu dibutuhkan untuk menjadi pahlawan.

Chayo~



Penulis: LAWfulneutral - "Hehe... Shall we begin?"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kopopo ft. VY1

Update Baka (24 Agustus 2021)