Nasi Goreng, Siapa yang Tidak Tahu?

Makanan sederhana tapi cukup populer di kalangan masyarakat

Dari namanya saja kita sudah tau bahwa bahan dasar dari makanan ini adalah dari beras atau nasi yang digoreng. Nasi bagi orang Indonesia sudah tentu bukan barang asing, nasi termasuk dalam kategori makanan pokok. Secara budaya nasi merupakan hal yang wajib ada setiap makan, bahkan ada istilah populer yang mengkonfirmasi hal ini “kalau tidak makan nasi bukan makan namanya”.

Nasi goreng, makanan yang diolah dengan bahan dasar nasi terkadang juga masuk dalam kategori makanan yang banyak dikenal oleh orang asing ketika ditanya tentang makanan yang paling berkesan selama di Indonesia. Padahal, makanan olahan nasi ini sangat sederhana, dan langkah-langkahnya tidak terlalu susah. Atau mungkin karena kesederhanaannya itu mulai dari bahannya yang jelas (masih bisa dilihat bentuknya nasinya ketika disajikan) dan rasanya pas itulah yang membuat nasi goreng mudah di ingat.

ilustrasi-nasi-goreng
Resep untuk membuat nasi goreng (Dasar)

Siapkan nasi, untuk membuat nasi goreng yang enak, kita membutuhkan nasi yang tidak lengket. Untuk membuat nasi yang tidak lengket diperlukan perpaduan takaran yang pas antara beras dan air. Terlalu banyak akan menyebabkan lengket, terlalu sedikit membuat nasi tidak matang. Kalau menggunakan cara tradisional, saat proses mengaduk beras tidak perlu terlalu lama setelah itu proses mengukus. Kalau kalian terlanjur membuat nasi yang agak lengket, kalian bisa mencoba dengan mendinginkan nasi kalian dahulu dengan menaruhnya di depan kipas angin.

Setelah nasi siap, siapkan minyak, dan bumbu, bumbu dasarnya adalah bawang merah, bawang putih dan garam. Bawang merah dan bawang putih dihaluskan bersama garam, dan bumbu sudah siap. Kalau kalian suka pedas, kalian juga bisa mencampurnya dengan cabe. Untuk menambah cita rasa kalian juga bisa menambahkan tomat sesuai selera kalian. Atau mudahnnya, kalian juga bisa menggunakan bumbu nasi goreng yang tersedia di minimarket atau toko terdekat kalian.

Bahan dan bumbu sudah siap, siapakan wajan penggorengan dan nyalakan kompor. Masukan minyak goreng sekitar 1-2 sendok makan dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah muncul aroma yang harum kalian bisa masukan nasi, dan tumis secara merata. Setelah tercampur rata, sebagai ganti cabe segar kalian juga bisa menggunakan saus sambal atau cabe bubuk. Untuk menambah rasa manis kalian bisa menambahkan kecap manis.

Setelah bahan tambahan tercampur rata maka aduk sedikit dan matikan api penggorengan. Nasi goreng sudah siap dihidangkan. Itulah resep sederhana nasi goreng. Sangat mudah bukan?

Kalian juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti tahu goreng, tempe goreng, sayur, ayam, ikan dan lain-lain. Sangat mudah untuk mengkreasikan masakan nasi goreng.

Konklusi

Nasi goreng adalah makanan yang sangat sederhana, mudah cara membuatnya dan bisa di kreasikan dengan ditambah bahan-bahan yang lain. Selain itu nasi sudah jadi makanan pokok di Indonesia, nasi goreng pasti dikenal seluruh masyarakat.
 

Cao

 

Koharndeso


Komentar

Postingan populer dari blog ini

kopopo ft. VY1

Update Baka (24 Agustus 2021)

Berhadapan dengan Monster