Tidak Ada Untungnya Hobi Menanam Bunga

Bunga Bisa Menjadi “Uang”!

Hai pembaca setia baka writings! Siapa nih yang suka berkebun? Atau siapa nih yang suka halaman rumah atau beranda kamarnya dipenuhi dengan bunga-bunga yang indah? Dan tahukah kalian, kalau hobi kalian ini bisa menjadi alternatif penghasilan tambahan loo.

Jadi begini, penulis hendak berbagi cerita terlebih dahulu. Beberapa waktu lalu ketika sedang mengunjungi nenek, terlihat di halaman rumahnya sudah penuh dengan berbagai bunga. Mulai dari yang ditanam di pot bunga hingga yang di tanam di tanah. Variannya pun beragam, mulai dari anggrek, lidah mertua, kuping gajah, dan beberapa tanaman bunga lainnya. Padahal terkhir kali ke sana hanya ada beberapa bunga di dalam pot saja. Nenek pun bercerita bahwa ia menambah koleksinya dari membeli atau bertukar dengan tetangga-tetangganya.

Mengamati pengalaman ini, penulis menarik kesimpulan bahwa ternyata bunga masih banyak diminati orang, terlepas umurnya berapa. Dari sini penulis berpikiran, bahwa sepertinya bunga bisa diubah menjadi uang.

ilustrasi-menanam-bunga-kebun
Bagaimana bisa?

Salah satu ciri makhluk hidup adalah berkembang biak. Tanaman pun demikian, ada yang bertunas, ada tumbuh menjalar, ada yang melalui umbi, dan berbagai teknik buatan lainnya (seperti stek dan cangkok). Membeli satu tanaman yang sehat dan subur, mampu kita kembang biakkan menjadi banyak. Dengan berinvestasi pada satu tanaman, kita nantinya bisa menjual tanaman yang sama dengan kuantitas yang lebih besar. Sehingga kita mendapatkan keuntungan dari menanam dan merawat bunga.

Apakah harus ikut komunitas atau punya toko sendiri?

Jika teman-teman menjadikan ini sebagai hobi, tidak harus berada pada komunitas atau memiliki toko sendiri. Ingat seperti yang terjadi pada nenek penulis, tetangga pun bisa menjadi pelanggan potensial kita. Namun memiliki komunitas akan lebih membantu teman-teman, baik untuk berbagi pengalaman, tips, bertukar koleksi, atau bertukar informasi tentang penjualan bunga. Terutama bagi teman-teman yang menyeriusi bidang ini.

"Saya awam dengan tanaman dan bunga, tetapi saya kepingin mencoba"

Yup, setiap orang pada mulanya awam. Karena itu yuk mulai mencoba. Memulai dari menanam dan merawat tanaman yang tidak membutuhkan perawatan rumit hingga membiakkannya. Kemudian menambah koleksi dengan membeli di toko bunga yang terpercaya. Oh iya, selalu tanyakan tips dan perawatan bunga yang akan di beli ya, sehingga kita bisa persiapan dan mengurangi potensi matinya bunga kita karena salah perawatan.

Selain uang apa benefit merawat bunga?

Akan ada beberapa dari teman-teman setelah lama merawat tanaman muncul rasa berat hati ketika ingin menjualnya. Tetapi tenang, tidak semuanya harus tentang uang. Teman teman bisa menggabungkannya dengan hobi yang lainnya, semisal hobi fotografi, maka bunga yang teman-teman rawat akan menjadi obyek foto yang spesial sekali. Selain foto indah, terdapat makna dan kenangan didalamnya.

Penutup

Hobi selain menyenangkan bagi diri kita, ternyata memiliki potensi-potensi yang lebih besar jika kita mau mengeksplorasinya. Seperti menanam bunga, tidak hanya sekedar rasa bangga dan puas dengan koleksi, tetapi kita bisa mendapatkan berbagai relasi, komunitas, bahkan bisa menemukan penghasilan tambahan. Selain itu dengan membiasakan untuk merawat tanaman, kita akan terlatih untuk disiplin dan teliti, karena dalam proses perawatannya membutuhkan pengamatan yang kuat dan konsistensi dalam merawatnya.

Sekian cerita penulis kali ini, penulis penasaran nih, bunga apa saja nih yang jadi favorit teman-teman? Yuk share di kolom komentar yaa!!


-mera viola-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kopopo ft. VY1

Update Baka (24 Agustus 2021)

Berhadapan dengan Monster